Cara Mengecilkan Rank Alexa

Perhatian : baca artikel sampai tuntas agar tidak bingung :)
Beberapa hari yang lalu, download ilmu cuci gudang, alias berubah nama menjadi RizkyYNWA dan sekaligus berubah haluan untuk mengisi blog ini sebagai blog tutorial atau blog yang berisi tentang tutorial ngeblog. Sebenarnya tujuan admin men'cuci gudang' blog ini adalah sebagai eksperimen dan memperbaiki niche blog ini, karena sebelum cuci gudang, blog ini sangat campur aduk dalam niche-nya, ada download game, software, kisah islami, sepakbola, kuliner, dan masih banyak lagi. Walaupun dulu visitornya sampai 700an keatas tapi kebanyakan tidak ada yang masuk pageone google karena serp yang lemah itu, dan serp yang lemah itu disebabkan oleh niche yang beragam tadi.

Nah, di postingan kali ini saya ingin berbagi tips blogging lagi nih, yaitu cara untuk mengecilkan rank alexa. Walaupun dulu saya pernah share tips tersebut namun untuk yang satu ini telah terbukti dan manjur karena cara inilah yang saya gunakan di blog RizkyYNWA ini. Cara ini sangat cocok bagi anda yang fokus dalam satu blog atau tidak memiliki banyak blog, karena cara ini membutuhkan waktu yang intensif dan lumayan banyak. Dengan cara ini dijamin rank alexa anda akan turun, walaupun perlahan tapi ini real bukan fake seperti yang anda dapat ketika anda menggunakan software alexa booster ataupun ultra alexa.

Bagaimana cara menurunkan rank alexa?

Sebelum menjawab itu, saya akan kupas sedikit tentang mekanisme penilaian ranking oleh alexa. Alexa adalah sebuah situs web yang berdiri di bawah amazon.com yang berjalan di bidang penilaian situs online, bisa berupa web ataupun blog. Sistem penilaian ranking alexa ini didasarkan pada : 

  1. Banyaknya pengunjung atau lebih tepatnya pageviews di dalam suatu blog atau website
  2. Kestabilan jumlah pengunjung dan pageviewsnya 
Nah untuk bisa mengecilkan atau menurunkan ranking alexa, yang pertama harus andaa lakukan adalah membuat blog anda ramai dikunjungi. Salah satu caranya anda bisa saling tukar link dengan blogger lain, atau anda bisa mempromosikan blog anda di media sosial seperti facebook dan twitter. Sehingga kemudian banyak orang yang mulai mengenal blog anda. *Sekedar tips, buatlah nama yang eyecatching dan menarik pada blog anda dan usahakan artikel yang anda poskan adalah artikel asli buatan anda. Karena dengan anda menulis artikel sendiri, blog anda akan dikenali juga karena keunikan bentuk bahasanya, mungkin bahasa formal ataupun bahasa gaul.

Setelah promosi dan menulis artikel tadi jangan lupa dengan membagi artikel ke google+ juga karena google plus juga merupakan jejaring sosial yang dampaknya terhadap seo lebih baik ketimbang facebook dan twitter. Dengan google+ anda juga bisa menampilkan foto anda di pencarian google, untuk lebih lengkapnya buka postingan saya di Cara Menampilkan Foto Author di Search Engine Google. Selain mempromosikan blog/website anda di jejaring sosial, ada lagi teknik seo yang perlu anda lakukan. Yaitu dengan menarruh artikel blog di situs bookmark. Sebaiknya dalam melakukan bookmarking, gunakan situs lokal (Indonesia) seperti vivalog dan lintas.me

Teknik seo selanjutnya adalah melakukan ping blog ke search engine. Mempromosikan blog/site ke search engine melalui ping merupakan cara yang cukup ampuh untuk menaikkan pengunjung. Karena ping merupakan cara yang paling ringkas untuk membuat blog dan artikel anda terindeks ke banyak search engine seperti Google, Yahoo! dan Bing dalam 1x klik. Selain itu rajin-rajinlah melakukan blogwalking ke beberapa blog teman atau blog yang anda ketahui dan tinggalkanlah jejak berupa link aktif, agar anda juga mendapat manfaat backlink dari blog yang anda kunjungi.

Secara ringkas
 
Dari uraian yang telah saya sampaikan diatas. Dapat disimpulkan bahwa cara menurunkan rank alexa adalah :
  1. Mempromosikan blog dan artikel pada jejaring sosial, e.g : Facebook, twitter, Google+
  2. Rajin mengupdate postingan asli buatan anda sendiri.
  3. Melakukan bookmarking terhadap blog dan artikel di situs sejenis lintas.me dan vivalog
  4. Melakukan ping pada beberapa situs penyedia jasa ping. Daftarnya bisa dilihat di 10 Situs Pengeruk Ping untuk Blog.
  5. Melakukan blogwalking dan meletakkan link di blog tersebut.
Nah, dari pembahasan tentang cara menurunkan rank alexa diatas, cara tersebut sudah terbukti. Karena cara-cara itulah yang admin gunakan. Dan langkah terakhir yang jangan pernah anda lupakan adalah sabar :) Karena rank alexa anda juga tidak akan serta merta turun. Tetapi rank alexa anda akan turun secara perlahan tetapi pasti dan itu adalah rank asli (tidak mudah anjlok) seperti ketika anda menggunakan software alexa booster/ultra booster. Sekian pembahasan tentang 'Cara Mengecilkan Rank Alexa'. Terus ikuti update tentang tips dan trik blogging lainnya hanya di RizkyYNWA. Wassalamu'alaikum

CONVERSATION

9 komentar:

  1. good job sob...maen ke blog ane y ilmuabey.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. @lulus : silahkan, ini berdasar pengalaman ngeblog ane

    ReplyDelete
  3. Mak nyus sekali infonya mas... makasih ilmunya.....

    http://my-dock.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. sama-sama, saya bisa karena belajar dan pengalaman jadi jangan malas ya untuk belajar :)

    ReplyDelete
  5. ok sob tips di atas sangat bermanfaat dan sudah saya terapkan, hehe btw untuk menjalin persaudaraan boleh gak sob tukeran link dengan blog saya

    ReplyDelete
  6. pasang dulu link ane trus konfirm ya

    ReplyDelete
  7. kalau gitu ane harus rajin ya mas bos? makasih infonya mas bos, sangat bermanfaat buat blog ane yang perlu diet alexa. agar alexa ranknya langsing.....lam kenal mas boss.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai kesan anda, tetapi jangan tinggalkan norma-norma kesopanan. Syukron